Cilor, Jajanan Gurih yang Kekinian

Sudah menjadi kodrat manusia memiliki nafsu. Salah satunya adalah nafsu makan. Biasanya setelah makan nasi, mulut rasanya ingin mengunyah sesuatu terus walaupun perut terasa cukup kenyang. Apalagi jajan sudah jadi kebiasaan bagi saya dan banyak orang lainnya. Kadang ada saja tukang jualan yang bikin baper mata dan akhirnya dibeli meski perut ini gak merasa lapar. Kebiasaan ini tidak baik lho padahal, karena bisa jadi sebab musabab kenapa tiap akhir bulan gak punya duit.

Lantaran jajanan sekarang kebanyakan cepat viral di sosial media, maka makin banyak orang yang baper untuk jajan. Apalagi akun-akun yang eksperimen makanan dan hasilnya bikin ngiler. Beuh. Ga tahan deh jadi pengen ikutan beli juga. Jajanan sekarang banyak yang terbuat dari aci dan menggunakan bumbu bubuk yang gurih.

Aci adalah nama lain dari tepung tapioka atau tepung kanji. Di Jawa Barat, tepung tapioka sering disebut aci. Tepung tapioca atau tepung kanji ini berasal dari singkong. Dari sebuah singkong inilah, kemudian diolah sampai ekstrak hingga diperoleh patinya. Kegunaan tepung tapioca atau aci ini sekarang banyak diolah menjadi jajanan gurih. Tepung ini biasa dimanfaatkan dalam pembuatan makanan-makanan tradisional. Banyak sekali makanan yang dapat dibuat dari tepung tapioca seperti kue lapis, siomay, cireng, cimol dan lain lain. Penggunaannya kini pun semakin meningkat karena banyaknya permintaan pasar yang menginginkan jajanan gurih. Contoh yang sedang tren ialah cilor, maklor, dan telur gulung.

Cilor merupakan akronim dari aci telor. Resep cilor ini terbuat dari aci yang telah direbus, lalu dipotong berbentuk dadu kecil-kecil sebelum akhirnya digoreng dengan adonan telur. Atau kalau dibeberapa tempat aci berbentuk bulat baru di goreng dengan telur. Satu tusuk cilor dihargai seribu rupiah. Kalau khilaf, sepuluh ribu bisa melayang untuk menikmati kenyalnya aci bercampur telur dan bumbu bubuk cabai dan keju.

Baca Juga :  Resep Bika Ambon Praktis

Untuk menambah rasa gurih pada jajanan gurih ini, tukang jualannya akan menambahkan bumbu penyedap seperti bumbu bubuk keju, bumbu bubuk cabai, bumbu bubuk barbekyu, bumbu bubuk jagung bakar dan masih banyak lagi. Cilor biasanya ada di depan sekolah karena makanan ini adalah jajanan yang kekinian di kalangan anak-anak. Karena kenyal dan gurih tidak heran kalau cilor menjadi jajanan favorit.

Daripada jajan cilor gerobakan di pinggir jalan, ada baiknya untuk meracik sendiri camilan ini di rumah. Caranya gampang banget, bahannya tinggal beli ke warung, simple. Yuk check it out!

jajanan gurih

Bahan yang diperlukan :

  • Tepung aci (400 gr)
  • Tepung Terigu (200 gr)
  • Garam (1 sdt)
  • Daun Bawang  (secukupnya)
  • Bawang putih goreng (1 sdm)
  • Air (Secukupnya)
  • Telur Kocok (1 btr)
  • Bon cabe atau saus sambal.

Cara membuat :

  1. Haluskan baput goreng, iris 1 cm daun bawang.
    2. Campur menjadi satu tepung sagu + terigu+ garam+ daun bawang dan baput.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis dan mudah dibentuk.
  3. Siapkan panci berisikan air mendidih, bentuk bulat adonan, ukuran sesuai selera rebus hingga mengapung.
  4. Angkat.
  5. Tiriskan.
  6. Tusuk cilok menjadi beberapa bagian.
  7. Lalu siapkan telur kocok.
  8. Celupkan cilok pada telur kocok.
  9. Goreng dengan menggunakan api sedang hingga kuning kecoklatan.
  10. Angkat tiriskan.
  11. Beri taburan boncabe atau saos sambal.
  12. Cilor siap dinikmati

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *