Jajanan Tradisional Dari Singkong yang Bisa Anda Nikmati

Jajanan Tradisional Dari Singkong yang Bisa Anda Nikmati ini adalah ulasan yang dapat Anda simak di artikel kali ini. Singkong adalah salah satu bahan makanan paling populer di Indonesia. Meski masih jarang membuatnya menjadi makanan pokok seperti nasi, singkong bisa diolah menjadi jajanan  tradisional yang lezat. Sekali lagi, orang-orang Indonesia, pada kenyataannya, Jawa, memiliki ide-ide kreatif mereka dalam makanan lezat mereka.

Jajanan tradisional ini bisa menjadi penggaljal perut yang lapar untuk perut Anda, karena pada dasarnya singkong mengandung karbohidrat yang dapat mengisi perut Anda dengan cepat. Makanan ringan dari singkong olahan ini telah menyebar ke seluruh kota di Indonesia. Tidak sedikit orang asing yang mencoba jajanan tradisional ini, karena selain rasanya yang lezat. Jajanan Tradisional ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Ini adalah camilan tradisional yang diproses dari singkong yang lezat.

  1. Tiwul

Tiwul atau Thiwul adalah makanan pokok yang terbuat dari beras yang terbuat dari singkong atau singkong. Tiwul terbuat dari singkong kering (singkong kering). Sebagai makanan pokok, kandungan kalori lebih rendah dari beras, tetapi cukup sebagai makanan ringan untuk beras. Tiwul alami untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia selama pendudukan Jepang

  1. Kue Klepon

Kue Klepon adalah kue basah yang sangat khas, berasal dari Jawa Tengah. Kue klepon termasuk dalam ramuan tradisional dan tepung ketan yang dikombinasikan dengan warna hijau dari udara, meremas daun suji dan daun pandan juga berwarna merah di tengah. Anda juga bisa membaca ulasan tentang kue lumpur ini.

  1. Getuk

Getuk adalah makanan ringan tradisional yang terbuat dari singkong atau singkong sebagai bahan utamanya. Getuk sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Timur. Buatlah getuk mulai dari singkong yang dikupas dan kemudian dikukus atau direbus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling kemudian gula dan pewarna makanan. Untuk penyajian, biasanya ditaburi kelapa parut.

  1. Kue Talam Singkong
Baca Juga :  Resep Masakan Ikan Laut: Resep Udang Saus Padang

Kue ketela adalah salah satu kue tradisional yang biasa, selalu ada bulan Ramadhan Ramadhan tiba, karena kue kue ini biasanya buka buka puasa. Kue ini bisa dijadikan menu utama karena selain rasanya enak, kue ini memiliki rasa manis yang segar dari gula merah (jika menggunakannya).

Adakah Jajanan Tradisional Lainnya yang Bisa Anda Nikmati Saat Bersantai?

  1. Combro

Makanan yang terbuat dari singkong parut ini memang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama yang ada di Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang digunakan dengan menggunakan saus Oncom lalu digoreng, karena kontrasnya disebut combro yang merupakan singkatan dari Oncom di Jero yang bukan: Oncom inside. Makanan ini lebih baik dimakan selagi masih hangat.

  1. Kue Sawut Singkong

Kue sawut adalah salah satu makanan ringan dari Jawa Tengah yang menggunakan singkong parut kasar sebagai bahan dasar. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa kasar sebagai pelengkap penyajian.

  1. Tape atau peuyeum singkong

Pita singkong atau peuyeum adalah hasil fermentasi singkong yang ditaburi ragi. Camilan ini cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya ini juga merupakan campuran es.

  1. Timus

Timus, olahan singkong parut yang dikombinasikan dengan gula merah dan kelapa sangat cocok saat masih hangat. Nikmati lebih banyak kesenangan dengan teh panas.

  1. Rondo royal

Bukan rondo yang artinya janda ya. Royal Rondo adalah tape (peuyeum) yang ditutupi dengan tepung beras, lalu digoreng. Camilan tradisional yang banyak dikenal di Jepara, Jawa Tengah.

  1. Ongol-ongol singkong

Ongol-ongol singkong ini merupakan Jajanan Tradisional yang sanagat nikmat. Bentuknya yang berwarna dan menusuk menyerupai sate, membuat ongol berbeda dari cenil. Ongol-ongol biasanya disajikan dengan taburan kelapa, tanpa menuangkan gula Jawa cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *