Jenis Makanan dari Aci yang Harus Anda Coba

Jenis Makanan dari Aci yang Harus Anda Coba. Apa sih sebenarnya aci itu? Bagi kamu yang sering mendengar tetapi masih sulit membedakan, sebenarnya aci merupakan nama lain dari tepung tapioka atau tepung kanji. Di daerah sekitar Jawa Barat, tepung tersebut lebih familiar dengan sebutan aci. 

Aci berasal dari tumbuhan umbi akar ketela pohon, yaitu singkong. Dari sebuah singkong, kemudian diekstrak hingga diperoleh patinya. Kegunaan aci banyak dimanfaatkan dalam pembuatan makanan-makanan tradisional. Banyak sekali makanan dari aci loh. Penggunaannya kini pun semakin meningkat. Jika kamu bingung mau mengolah aci menjadi apa saja, berikut ini referensi yang dapat kamu coba

Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci di goreng. Cara membuatnya sederhana. Cukup dengan mencampurkan aci, daun bawang yang telah diiris, bumbu penyedap seperti garam dan bawang putih, beserta air hangat. Setelah itu kamu tinggal berkreasi membentuknya.

Adonan cireng yang telah dibentuk, diistirahatkan terlebih dulu di dalam lemari es sekitar 15 menit. Kemudian, panaskan sedikit minyak dan cireng pun siap di goreng. Kini, variasi cireng semakin beragam. Tak sekedar aci, cireng memiliki berbagai isian mulai dari daging, sosis, bahkan ada juga yang isi keju. Selain itu, ada juga beberapa inovasi baru berupa cireng rujak. Ya, cireng ini dimakan dengan tambahan bumbu rujak. Rasa gurih-gurih pedas siap menggoyang lidahmu.

Apa saja Makanan dari Aci?

Cilok

Kalau yang satu ini merupakan aci yng dicolok. Yups, cilok! Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat cireng. Yang membedakannya adalah proses pembuatan dan bentuknya. Bentuk cilok pada umumnya bulat. Dan cara membuatnya tidak digoreng melainkan direbus.

Bulatan adonan yang telah dibentuk dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Jika ingin rasa cilokmu semakin tambah khas, kamu pun bisa menggunakan air rebusan kaldu. Tunggu beberapa menit hingga cilokmu mengambang di permukaan dan kemudian tiriskan cilokmu. Cilok ini dapat disantap dengan cocolan bumbu dengan kacang.

Cimol

Baca Juga :  Olahan Udang: Resep Udang Saus Padang

Aci digemol atau yang biasa akrab disebut cimol. Bentuknya bulat seperti cilok namun memiliki ukuran berbeda. Cimol tak berukuran sebesar cilok. Dalam membuat cimol, kamu bisa menambahkan campuran dari tepung terigu ke dalam adonan. Selanjutnya bulatan cimol akan melalui ke tahap penggorengan.

Akan tetapi, jangan langsung nyalakan api anda. Biarkan cimol terendam dulu di dalam minyak goreng baru kemudian kompor anda dinyalakan. Hal tersebut supaya menghindari timbulnya letupan pada minyak. Taburkan bubuk perasa seperti keju atau beberapa barbeque di atas cimol yang telah digoreng tersebut.

Cilor

Cilor adalah aci dan telor. Adonan aci yang telah disiapkan kemudian dibentuk menjadi bulat memanjang. Kemudian rebus hingga itu matang. Tahapan pembuatan cilor tak berhenti sampai disitu saja. Setelahnya, adonan aci yang telah direbus dapat dipotong-potong dadu. Kemudian anda campurkan aci rebus tersebut dengan telor.

Panaskan penggorengan dan tuang campuran aci tersebut. Kamu bisa menggunakan penggorengan yang memiliki beberapa bentuk bulatan sehingga cilor yang akan dihasilkan pun dapat terbentuk dengan baik. Ada juga loh sebutan cilor berbentuk sate. Ya, potongan makanan dari aci rebus yang digabung dalam tusukan sate kemudian dibalut dengan kocokan telur. Jika ingin lebih simple maka kamu hanya tinggal membeli cilok, kemudian kamu dapat membalutnya saja dengan olesan telur. Tadaaa, jadilah cilor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *