Resep Bika Ambon Praktis

Kue bika ambon merupakan kue tradisional yang memiliki tekstur berlubang seperti sarang dan rasa yang legit, lembut, dan sedikit kenyal. Kue ini tidak hanya menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya, melainkan menggunakan campuran tepung sagu. Kue bika ambon memiliki citarasa yang unik dan dengan aroma yang khas karena menggunakan rempah yang biasa digunakan dalam masakan, diantaranya seperti daun jeruk, serai, kunyit, dan daun pandan.

Keunikan kue ini tidak hanya dari penggunaan rempah, namun juga dari namanya. Meski bernama bika ambon, namun kue ini bukanlah berasal dari Ambon, melainkan merupakan kue khas kota Medan. Bagi Anda yang penasaran dengan kelezatan kue ini, Anda dapat coba membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep bika ambon praktis dan mudah.

 

Bahan-bahan:

300 gram      Tepung Sagu

100 gram      Tepung Terigu

200 ml          Air Kelapa segar

600 ml          Santan kental

450 gram      Gula pasir

16 butir        Kuning Telur

11 gram        Ragi instan untuk pengembang

200 ml          Air Kelapa yang diambil dari Kelapa Segar

1 sdt             Vanili bubuk

1 sdt             Garam halus

 

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu dan ragi instan, aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan air kelapa segar sedikit demi sedikit, lalu aduk secara perlahan hingga halus dan tidak menggumpal.
  3. Diamkan adonan selama 15 menit dalam wadah tertutup. Gunakan plastik pembungkus makanan atau kain lap bersih yang sedikit basah.
  4. Menggunakan wadah yang lain, campur gula pasir, garam, dan vanili menggunakan spatula. Lalu masukkan kuning telur satu persatu, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  5. Campurkan kedua adonan tepung dan kuning telur, aduk rata. Kemudian tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk.
  6. Selanjutnya tuang santan kental ke dalam campuran adonan tadi sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Proses pencampuran haruslah merata dan menyatu sempurna.
  7. Saring adonan tersebut menggunakan saringan dapur, kemudian diamkan adonan yang telah disaring selama 2 jam hingga mengembang dan membentuk sarang.
  8. Panaskan oven, siapkan loyang dan olesi dengan sedikit minyak serta taburi sedikit tepung terigu agar tidak lengket.
  9. Tuang adonan yang telah didiamkan ke dalam loyang yang telah dipanaskan sebelumnya.
  10. Panggang menggunakan api sedang dengan menggunakan api atas bawah selama 10-15 menit tergantung oven masing-masing, hingga kulit luar berwarna kuning kecoklatan. Biarkan pintu oven dalam keadaan sedikit terbuka, untuk mengeluarkan hawa panas yang dihasilkan.
  11. Setelah matang dan berwarna kuning kecoklatan, keluarkan dari oven dan segera keluarkan kue dari loyangnya dan potong-potong sesuai selera Anda. Kue bika ambon siap disajikan.
Baca Juga :  Aneka Masakan Daging Sapi, Resep Membuat Bakso Sapi dan Kuahnya

Itulah resep bika ambon yang praktis dan mudah. Bagi Anda pecinta keju, Anda bisa menambahkan sekitar 300 gram keju dalam adonan, yang tentunya menambah sensasi rasa gurih dari keju. Resep bika ambon ini dapat dibuat melalui proses panggang atau kukus. Kadang permasalahan ketika membuat kue bika ambon adalah tidak mengembang dan tidak bersarang atau bahkan bantet, yang mengurangi kelezatan kue ini.

Membiarkan pintu oven sedikit terbuka merupakan teknik kunci agar menghasilkan kue bika ambon yang matang sempurna dan bersarang. Teknik ini biasa dipakai oleh para chef untuk membuat kue bika ambon yang lembut dan lezat. Bagi Anda yang tidak memiliki loyang untuk membuat kue bika ambon, Anda dapat menggunakan teflon sebagai gantinya.

resep bika ambon

Cara membuat tetaplah sama, yang membedakan hanyalah bentuk dan ketinggian kue bila menggunakan teflon. Setelah mengetahui tips dan rahasia dalam membuat kue bika ambon yang praktis, sekarang saatnya Anda coba mempraktekan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *