Ini Rahasianya, Resep Makanan Jawa Yang Menyehatkan

Bagi Anda yang termasuk vegetarian, pasti menu satu ini sudah tidak asing lagi. Namun bagi yang memang tidak suka, mungkin Anda perlu mencicipi menu sayur ini karena Anda akan tergila-gila dengan rasanya. Sudah enak, sehat, mudah membuatnya juga loh. Untuk kamu yang be on a diet, makanan ini juga menjadi rekomendasi loh. Sebenarnya makanan apa sih ini? Ini makanan yang pertama kali populer di Pulau Jawa, biasanya disajikan sebagai pendamping nasi tumpeng, mungkin bisa dikatakan makanan ini adalah saladnya Indonesia. Ada yang bisa tebak? Makanan ini bernama urap. Nah urap ini disajikan dengan kelapa parut dan sayuran yang beragam. Penasaran dong dengan resep urap sayur yang benar dan lezat seperti apa? Yuk simak baik-baik, seperti apa sih cara membuat makanan Jawa ini.

Sebelum memulai, mari kita siapkan bahan-bahannya. Bayam merah, bayam hijau, kacang panjang, wortel, kol ungu, kelapa setengah tua, daun jeruk, dan garam secukupnya. Untuk bumbu urap, kita perlu menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit merah, gula merah, dan kencur. Untuk memulainya, silahkan rebus bayam hingga setengah matang, lalu tiriskan. Silahkan tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan, masukkan juga daun jeruk, kelapa yang sudah diparut, dan tambahkan garam, Anda dapat menambahkan kaldu ayam bubuk untuk mendapatkan cita rasa ayam pada bumbu kelapa. Kemudian masukkan air secukupnya, aduk hingga merata, namun jangan sampai kelapa kering. Kita sudah sampai pada tahap akhir, Anda dapat menyajikan sayuran di atas piring, kemudian menaburkan bumbu kelapa yang sudah matang.

Untuk sayuran yang digunakan, Anda juga dapat memasukkan tauge, daun singkong muda, daun pepaya, atau daun sawi. Untuk meracik bumbu kelapa, Anda dapat menyampurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan kelapa parut kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang, kemudian sematkan daun pisang menggunakan tusuk gigi, lalu kukus bumbu selama kurang lebih 25 menit hingga matang. Jika sudah matang, bumbu kelapa dituang ke sayuran yang telah direbus, aduk rata. Cara ini juga dapat Anda ikuti, sama saja dengan cara yang dijelaskan di atas. Mengapa kelapa parut perlu dikukus? Karena hal ini terbukti untuk membuat bumbu dan kelapa menjadi lebih awet dan tidak mudah cepat basi. Sebagai pelengkap, Anda dapat menjadikan mentimun dan daun kemangi sebagai pendampingnya.

Baca Juga :  Resep Es Buah Segar Dari Susu Santan Yoghurt Praktis Istimewa

makanan jawa

Dengan variasi sayuran yang ada di urap, dapat dipastikan urap kaya akan kandungan nutrisinya. Seperti bayam yang kita ketahui mengandung vitamin A, B, C, E, dan vitamin K. Selain itu daun bayam juga kaya akan serta. Kemudian tauge yang mengandung protein, vitamin E, dan K. Karbohidrat, kalori, lemak, zat besi, vitamin A, dan B didapat dari tauge. Yang kita ketahui bahwa wortel mengandung vitamin A, namun ternyata dia juga turut menyumbangkan kalsium, zat besi, dan karbohidrat loh. Kelapa yang mengandung lemak nabati, serta masih banyak lagi kandungan lainnya. Semakin beragam sayurannya, semakin banyak pula kesempatan Anda mendapatkan asupan nutrisi. Khasiat yang didapat ketika kita mengonsumsi makanan ini yaitu dapat menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, dan memperkuat sistem imun tubuh seseorang.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dan khasiatnya, serta membayangkan betapa lezatnya salah satu makanan Jawa ini, apakah Anda tertarik untuk membuatnya di rumah? Atau yang belum pernah mencoba, Anda bisa mengikuti langkah pembuatannya step by step. Silahkan mencoba resepnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *